RSS

Cari Beasiswa ke Jepang Yuk..


**Siapa sih para J-Popers yang nggak pengen belajar ke Jepang?? Apalagi pakai beasiswa, selain keren, kita juga bisa nambah banyak pengalaman loh.. kali ini Arisa-Chan mau bagi-bagi deh, cara buat dapetin besiswa belajar ke Jepang.. yuk, check it out!! **

I. Persiapan Awal

Sebelum benar-benar menjadi pemburu beasiswa, ada hal-hal yang perlu kamu persiapkan, dan kamu jawab. Yang pertama, tentu masalah motivasi. Mengapa kamu begitu tertarik pergi ke Jepang? Pernahkah Sampeyan berpikir kesulitan-kesulitan yang bakalan kamu hadapi saat kamu ada di Jepang nantinya? Apakah kesulitan tersebut dan usaha kamu untuk menghadapinya, layak dengan cita-cita yang ingin kamu raih? Mengapa tidak memilih negara lain saja? Mengapa memilih Jepang yang bekerja dengan jam kerja 7/11, pergi jam 7 dan masuk rumah jam 11? Ini harus kamu jawab terlebih dahulu, karena tanpa menjawabnya, saya takut kamu akan kecewa setelah kamu benar-benar tiba di Jepang nanti. Dan ini tentu sangat disayangkan.

Pertanyaan lain yang harus kamu jawab adalah, sudahkah kamu mencari tahu, survey, bagaimana proses pendidikan S1, S2, dan S3 di Jepang dan apa yang membedakannya? Jika belum, kebetulan ada dua buah artikel yang menurut saya cukup menarik, yang bisa kamu baca:

Setelah kamu menemukan jawaban dari itu semua, saatnya kita melakukan persiapan teknis mencari beasiswa di Jepang. Ada hal-hal praktis yang perlu Sampeyan lakukan, di luar artikel ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Tentukan bidang yang ingin kamu tempuh di Jepang. Tentukan sejak sekarang, karena bidang yang ingin Sampeyan tempuh sangat menentukan pilihan pembimbing dan universitas nantinya.

2. Cari universitas  yang akan menjadi tempat belajar kamu. Pilihan universitas, harus melalui pertimbangan, misalnya:

a. biaya hidup di kota tempat universitas itu berada. Mahal atau tidaknya, kamu harus paham benar. Tinggal di propinsi yang agak jauh dari ibukota, tentu biayanya lebih murah. Jika kamu tinggal di Tokyo, biaya sewa rumah bisa dua kali lipat dibandingkan jika kamu tinggal di daerah luar Tokyo, misal di Chiba atau di Saitama. Pilihan untuk tinggal di bagian selatan (Kyushu) pun bukan pilihan yang buruk, bahkan kamu bisa nabung banyak dari uang beasiswa kamu. So, mencari informasi tentang biaya hidup menjadi prioritas!

b. pilihan iklim juga perlu diperhatikan. Jika kamu kuat dengan cuaca dingin dari waktu ke waktu, pilihan untuk tinggal di daerah utara bukan pilihan yang buruk. Tapi kalau kamu punya masalah dengan “dingin” (misal : alergi), sebaiknya kamu tinggal di daerah yang memiliki iklim lebih hangat (meskipun rata-rata daerah di Jepang mengalami 4 musim).

c. Swasta atau negeri? Memang, di Jepang kualitas universitas swasta tidak begitu berbeda dengan universitas negeri. Tapi harga dan biaya, tentu saja beda. Sebagaimana di Indonesia, biaya kuliah di universitas swasta jauh lebih mahal daripada universitas negeri. Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan keringanan pembebasan biaya kuliah (menjo / 免除) di universitas negeri lebih besar. Ini bermanfaat jika beasiswa kamu tidak mencakup biaya kuliah (alias hanya biaya hidup saja).

d. Ada baiknya, tetapkan universitas yang memiliki ahli di bidangnya. Jika kamu ingin belajar teknologi, khususnya Teknik Elektro tentu tidak ada salahnya mencoba belajar di University of Tokyo, atau Tokyo Institute of Technology, atau Kyushu University. Jika ingin belajar penginderaan jauh (remote sensing), bisa melihat profil Chiba University. Ini hanya contoh saja. Masing-masing universitas punya produk unggulan, dan sebaiknya kamu tahu. Dengan mengetahui produk unggulan setiap universitas, kamu bisa berharap akan belajar di tempat yang benar dan dari maestro-nya langsung :).

3. Langkah berikutnya adalah mendapatkan pembimbing akademik. Ini bukan pekerjaan yang mudah. Saya dulu sempat mengirimkan lebih dari 10 lamaran melalui surat elektronik (email), cuma dibalas 2 email saja. Lainnya? Hilang tak berbalas.

Untuk mencari pembimbing, manfaatkan kenalan kamu (senior, dosen di Indonesia, dst). Jika bisa mendapatkan pembimbing yang pernah membimbing mahasiswa Indonesia, hal tersebut lebih baik (dengan catatan, mahasiswa yang dulu pernah dibimbing tidak terlibat kasus, dan sukses menyelesaikan studi). Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat ebook yang pernah saya tulis : Scholarship Hunter Guide . Lihat juga ebook sebelumnya : Chicken Soup for Scholarship Applicant.

4. TIba saatnya mencari sponsor. Sudah banyak website yang menjelaskan tips dan trik mencari beasiswa. Di artikel ini, saya ingin menuliskan beberapa alamat web sponsor beasiswa, yang sekiranya bisa jadi pertimbangan Sampeyan semua.

5. Ada baiknya belajar bahasa Jepang terlebih dahulu, sebelum berangkat ke Jepang. 2-3 bulan belajar Indonesia sangat membantu, terutama untuk survival di Jepang. Namun, jika memang ingin benar-benar menikmati Jepang, sebaiknya kamu masuk kelas bahasa di Jepang.

6. Jika kamu masih menempuh studi S1 di akhir semester, tidak ada salahnya juga untuk mencoba peluang pertukaran pelajar. Silahkan merujuk ke kantor urusan internasional di universitas kamu.

7. Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat video yang sudah saya upload di Youtube:
Video Bridge to Japan (Bahasa Indonesia) : edisi 1edisi 2edisi 3

8. Berikut adalah panduan lengkap dari JASSO tentang belajar ke Jepang dan panduan mencari kerja di Jepang. Silahkan kunjungi link berikut ini.

II.Daftar Website Beasiswa ke Jepang dan Pengalaman studi di Jepang

Terima kasih untuk rekan saya di Keio University, yang sudah berkenan berbagi link-link beasiswa Jepang:

III. Info-Info Tentang Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

IV. Info Pengalaman Mengenai Beasiswa

V. Artikel tentang keperawatan di Jepang

Ners, Ayo Kuliah Di Jepang:

http://saldyusuf.blogspot.jp/2010/07/ners-ayo-kuliah-di-jepang.html

S2, S3 Keperawatan di Jepang:

http://medianers.blogspot.jp/2012/01/strategi-sukses-dapatkan-beasiswa-s2-s3.html

Tenaga Kerja Keperawatan di Jepang:

http://oknurse.wordpress.com/2012/06/19/pendaftaran-perawat-ke-jepang-program-g-to-g-2-31-juli-2012/ 

Perawat ke Jepang:

http://perawatkejepang.blogspot.jp/

Ayo perawat Indonesia, rasakan tantangan baru di Jepang:

http://www.ngajinesakjagad.com/2011/09/ayo-perawat-indonesia-rasakan-tantangan-baru-di-jepang/

VI. Contoh soal ujian masuk ilmu komputer di Kyushu University

Link download: soal 1, soal 2, panduan masuk universitas

Keterangan: Contoh soal ini dulu saya dapatkan dari seorang profesor di Universitas Kyushu dalam proses pencarian beasiswa ke Jepang. Profesor yang baik hati tersebut memberikan contoh soal untuk bidang ilmu komputer, supaya bisa memberikan gambaran untuk mahasiswa Indonesia yang akan menempuh studi S2 di Jepang.  Nah, soal di atas tentu tidak mewakili soal di semua universitas. Tapi setidaknya, ada gambaran tentang bagaimana dan apa yang harus dipersiapkan, jika ingin belajar sebagai maahasiswa S2 di Jepang (terutama di bidang ilmu komputer).

0 komentar:

Copyright 2009 :: Arisa Gensai-Chan ::. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates